Sabtu, 10 Maret 2012

PAN NTB Siap Amankan “Koalisi Cinta”

Mataram, SE
Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Nusa Tenggara Barat menyatakan siap mengamankan “koalisi cinta” di daerah ini baik pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Gubernur/Wakil Gubernur 2013 maupun pada Pemilihan Umum anggota Legislatif 2014.
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) NTB H Muazim Akbar di Mataram, Kamis, mengatakan, pihaknya siap melanjutkan dan mengamankan “koalisi cinta” (koalisi antara PAN dan Partai Demokrat) termasuk pada Pemilihan Guberbur/Wakil Gubernur NTB periode 2013-2018.
“Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur/Wakil Gubernur yang akan digelar Mei 2013 itu kami siap berkoalisi dengan Partai Demokrat atau ‘koalisi cinta’. Dalam hal ini PAN bisa saja mengambil posisi wagub atau mendukung pasangan yang diusung Partai Demokrat,” ujarnya.
Namun, katanya, itu juga tetap tergantung dari kebijakan DPP. Kalau memang DPP menggariskan DPW PAN NTB untuk maju dalam Pilkada Gubernur/Wagub pada 2013 baik mengambil posisi gubernur atau wagub, atau mendukung pasangan yang diusung Partai Demokrat itu harus diamankan.
“Bagi kami yang paling utama adalah mengamankan garis kebijakan partai mulai dari Pilkada Gubernur/Wagub NTB, Pemilu Anggota Legislatif 2014 hingga Pemilu Presiden 2014,” kata Muazim.
Menurut dia, tidak menutup kemungkinan “koalisi cinta” atau koalisi antara PAN dan Partai Demokrat itu bisa diwujudkan pada Pilkada Gubernur/Wagub NTB 2013. Dalam hal ini tidak menutup kemungkinan PAN mengambil posisi wagub mendampingi TGH M Zainul Majdi.
“Dalam politik itu tidak ada yang mustahil tergantung dari kepentingan dan kalkulasi politik. Jika Partai Demokrat menghendaki PAN akan siap mendampingi Tuan Guru Bajang atau TGH M Zainul Majdi sebagai  calon ‘incumbent’,” ujarnya.
Pilihan lainnya, DPW PAN bisa mendukung calon lain yang bukan kader untuk menjadi pendamping calon yang diusung Partai Demokrat. Ini tergantung dari hasil penjaringan dan lolos verifikasi yang dilakukan DPP PAN seerta figur tersebut berkualitas dan layak jual berdasarkan hasil survei.
Dalam kaitan itu DPW PAN NTB akan membentuk tim penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah periode 2013-2018 yang akan digelar Mei 2013.     
Tim tersebut akan bertugas menjaring  Bacagub dan Bacawagub NTB.
“Kami akan membentuk tim tersebut pada akhir 2012 yang akan menerima siapa saja yang memenuhi syarat menjadi bacagub/bacawagub baik kader PAN maupun nonkader atau dari partai lain untuk mendaftar,” katanya.
Ia mengatakan, hasil penjaringan tersebut akan diajukan ke wan Pimpinan Pusat (DPP) PAN untuk selanjutnya diverifikasi dan dilakukan “fit and proper test” (uji kelayakan dan kepatutan).
Kemudian tim dari DPP akan melakukan survei seberapa besar peluang dari figur yang bersangkutan untuk menang dalam pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) 2013.
“Bakal calon dari kader, non kader maupun partai yang berminat menjalin koalisi dengan PAN, memiliki peluang yang sama dan ini tergantung dari hasil survei. Bagi kami yang paling utama adalah figur tersebut memiliki nilai jual dan berpeluang menang dalam Pilkada Gubernur/Wagub NTB 2013,” ujarnya.(ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar